Buletin Sekolah: Menumbuhkan Kepedulian Lewat Kegiatan P5RA
- Senin, 27 Oktober 2025
- Administrator
- 0 komentar
Tema: Menanam Tanaman dalam Pot
Sekolah: MTs Muhammadiyah Kajen, Kabupaten Pekalongan
Tanggal kegiatan: 11 Oktober 2025
Kelas: VII – VIII
Latar Belakang
Sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin(P5RA) dengan tema ‘Gaya Hidup Berkelanjutan’, siswa MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan melaksanakan kegiatan menanam tanaman dalam pot. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, melatih tanggung jawab, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam sejak dini.
Rangkaian Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2025. Para siswa belajar mengenal berbagai jenis tanaman hias ditanam dalam pot. Mereka juga mempraktikkan langkah-langkah menanam, mulai dari:
- Menyiapkan media tanam (tanah, pupuk kompos, dan pot daur ulang).
- Menanam sesuai pilihan kelompok.
- Menyiram dan merawat tanaman setiap hari.
Nilai yang Dikembangkan
Kegiatan ini membantu siswa mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: mensyukuri ciptaan Tuhan.
- Gotong royong: bekerja sama dalam kelompok menanam dan merawat tanaman.
- Mandiri: bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing.
- Kreatif: memanfaatkan bahan bekas sebagai pot yang menarik.
Hasil dan Refleksi
Setelah kegiatan selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil tanamannya dan membagikan pengalaman mereka. Banyak siswa merasa bangga karena berhasil menumbuhkan tanaman sendiri dengan cara yang ramah lingkungan. Beberapa pot hasil karya siswa bahkan ditempatkan di taman sekolah untuk memperindah lingkungan MTs Muhammadiyah Kajen.
“Kami jadi lebih semangat menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. Ternyata menanam itu menyenangkan!” — ujar Jesse, siswi kelas VIII.
Penutup
Melalui kegiatan P5RA Menanam Tanaman dalam Pot, siswa MTs Muhammadiyah Kajen tidak hanya belajar tentang cara merawat tumbuhan, tetapi juga belajar nilai-nilai kepedulian, tanggung jawab, dan gotong royong. Kegiatan sederhana ini menjadi langkah nyata dalam membangun kesadaran lingkungan dan menanamkan karakter pelajar yang berjiwa Pancasila.

